5 Kebudayaan Milik Indonesia Yang Diklaim malaysia.

Unknown | Kamis, Juni 21, 2012 |
Tari Pendet.
Tari Pendet Pada awalnya adalah tarian yang melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Tarian ini dilakukan di tempat peribadatan umat Hindu di Bali, Indonesia. Seiring dengan perkembangan
zaman, Para seniman Bali mengembangkan Pendet menjadi ucapan selamat datang yang masih bersifat sakral-religius. Koreografer bentuk modern tari ini adalah I Wayan Rindi (1967).
Tari pendet menjadi sorotan media Indonesia karena tampil dalam program televisi Enigmatic Malaysia Discovery Channel. Menurut pemerintah Malaysia, mereka tidak bertanggung jawab atas iklan tersebut karena dibuat oleh Discovery Channel Singapura, kemudian Discovery TV melayangkan surat permohonan maaf kepada kedua negara, dan menyatakan bahwa jaringan televisi itu bertanggung jawab penuh atas penayangan iklan program tersebut. Meskipun demikian, insiden penayangan pendet dalam program televisi mengenai Malaysia ini sempat memicu sentimen Anti-Malaysia di Indonesia.


Wayang Kulit.
Wayang dalam bahasa Jawa bermakna bayangan, hal ini disebabkan karena penonton juga bisa menonton wayang melalui layar yang terbuat dari kain putih (kelir) dan disorot dengan lampu minyak atau lampu listrik. Wayang kulit adalah seni tradisional Indonesia yang dimainkan oleh seorang dalang yang juga menjadi narator dialog tokoh-tokoh wayang, dengan diiringi oleh musik gamelan yang dimainkan sekelompok nayaga dan tembang yang dinyanyikan oleh para pesinden.
Pertunjukan wayang kulit telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003, sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang cerita narasi dan warisan yang indah dan berharga ( Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity ).


Rendang Padang.
Rendang Padang adalah salah satu masakan tradisional Minangkabau (Sumatera Barat, Indonesia) yang menggunakan daging dan santan kelapa sebagai bahan utama dengan kandungan bumbu rempah-rempah yang kaya. Masakan dengan citarasa yang pedas ini digemari oleh seluruh kalangan masyarakat, dan dapat ditemukan di seluruh Rumah Makan Padang di Indonesia, Malaysia, ataupun di negara lainnya. Masakan ini kadang lebih dikenal dengan nama Rendang Padang.


Batik.
Di Indonesia, batik dipercaya sudah ada semenjak zaman Majapahit. Awalnya batik hanya dikerjakan terbatas dalam keraton saja, dan hasilnya dikenakan untuk raja, keluarga raja, dan pengikutnya. Karena banyak pengikut raja yang tinggal di luar keraton, maka kesenian batik ini dibawa ke luar keraton dan dikerjakan di tempat masing-masing. Jaman pun berkembang, akhirnya kesenian batik mulai diterapkan oleh para wanita untuk mengisi waktu senggang. Dan akhirnya batik sudah menjadi pakaian yang merakyat.
Batik oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009.

 
Tari Tor Tor dan Gordang Sambilan.
Tari Tor tor adalah tradisi yang dipertontonkan di upacara-upacara adat tertentu seperti kematian, selamatan panen dan pesta awal tahun.
Menurut sejarah, tari tor tor digunakan dalam acara ritual yang berhubungan dengan roh. Roh tersebut dipanggil dan "masuk" ke patung-patung batu (merupakan simbol leluhur).
Patung-patung tersebut tersebut kemudian bergerak seperti menari, tetapi dengan gerakan yang kaku. Gerakan tersebut berupa gerakan kaki (jinjit-jinjit) dan gerakan tangan.

Gordang sambilan yang secara harfiah berarti sembilan gendang merupakan tradisi untuk menyambut tamu. Alat musik ini digunakan untuk mengiringi tari tor tor.





Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Tari_Pendet
http://id.wikipedia.org/wiki/Wayang_kulit
http://www.ladidacafe.in/2011/10/sejarah-batik-di-indonesia.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Rendang
http://id.wikipedia.org/wiki/Batik
http://www.pikiran-rakyat.com/node/193159
http://www.kidnesia.com/Kidnesia/Potret-Negeriku/Propinsi/Sumatera-Utara/Seni-Budaya/Tari-Tor-Tor
http://www.dikutip.com/2012/06/sejarah-tari-tor-tor-dan-alat-musik.html


Admin : Unknown ~ The Journey Barlie's Blog

Artikel 5 Kebudayaan Milik Indonesia Yang Diklaim malaysia. Semoga bermanfaat, untuk kritik dan saran silahkan klik poskan komentar dibawah atau tinggalkan pesan di CBOX. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini.
Comments
0 Comments

0 komentar: